PROPOSAL RENCANA BISNIS
PT. OCEAN MOBILE
Disusun
Oleh:
Ayi Imani
(51416229)
Dea Chintia
Putri (51416740)
Fathiyah
Hilyah Amany (52416690)
Rahmaditha
Prabandari (55416990)
Siti Anggraini Alfatihah (57416081)
Jalan Margonda Raya, No. 13, Depok, Jawa Barat
oceanmobile@gmail.com
(021)-428-915
store.ocean.com
DAFTAR HALAMAN.....................................................................................................................
1.
PERUSAHAAN.........................................................................................................................
RINGKASAN EKSEKUTIF......................................................................................................
TUJUAN.....................................................................................................................................
PERNYATAAN MISI................................................................................................................
PERUSAHAAN.........................................................................................................................
KEPEMILIKAN PERUSAHAAN.............................................................................................
SEJARAH PERUSAHAAN.....................................................................................................
LOKASI DAN FASILITAS PERUSAHAAN..........................................................................
2.
PRODUK/JASA........................................................................................................................
DESKRIPSI BARANG DAN JASA........................................................................................
KARAKTERISTIK PERBANDINGAN KOMPETITIF BARANG/JASA..............................
LAYANAN KONSUMEN/TINDAK LANJUT LAYANAN.....................................................
3.
ANALISIS PASAR....................................................................................................................
ANALISIS INDUSTRI...............................................................................................................
PASAR SASARAN..................................................................................................................
KUNCI UNTUK SUKSES........................................................................................................
4.
STRATEGI BISNIS DAN IMPLEMENTASI.........................................................................
ANALISIS SWOT......................................................................................................................
PERIKLANAN...........................................................................................................................
STRATEGI PEMASARAN.......................................................................................................
RENCANA PENJUALAN........................................................................................................
ALIANSI STRATEGI.................................................................................................................
5.
ORGANISASI............................................................................................................................
STRUKTUR ORGANISASI.....................................................................................................
TIM MANAGEMEN...................................................................................................................
PERTIMBANGAN TIM MANAGEMEN LAINNYA...............................................................
6.
ANALISIS KEUANGAN..........................................................................................................
PERENCANAAN LABA RUGI...............................................................................................
LAPORAN ARUS KAS PERUSAHAAN..............................................................................
MODAL STARTUP...................................................................................................................
RETURN OF INVESTMENT...................................................................................................
LAPORAN KEUANGAN..........................................................................................................
ESTIMASI BIAYA......................................................................................................................
1.
PERUSAHAAN
1.1
Ringkasan Eksekutif
PT. Ocean Mobile adalah
sebuah perusahaan yang bergerak di bidang produksi barang elektronik berupa telepon genggam yang mempunyai kemampuan
dengan pengunaan dan fungsi yang menyerupai komputer atau biasa
disebut dengan Ponsel Pintar. Kami mengeluarkan ponsel pintar yang dibuat untuk menyegarkan pasar
ponsel dengan fitur-fitur berkualitas tinggi dan desain yang fleksibel sesuai
dengan perkembangan zaman.
Dengan
menggunakan teknologi canggih, kami dapat memastikan produk yang dihasilkan
berkualitas tinggi, harga yang bersaing, serta mutu yang terjamin. Target
pemasaran dari produk kami adalah pengguna yang melek teknologi dan mengikuti
perkembangan zaman, dengan golongan menengah-atas hingga atas.
1.2
Tujuan
Dalam menjalani
usaha ini, kami mempunyai tujuan yang terencana dengan baik, yaitu tujuan
jangka pendek, jangka menengah, dan jangka panjang.
1. Tujuan jangka pendek
Meningkatkan penjualan sekitar 2%, memotong biaya sampai 1% pada kuartal
berikutnya, dan mengurangi tingkat keluar masuk karyawan sampai 4% selama 6
bulan berikutnya.
2.
Tujuan jangka menengah
Mengeluarkan produk versi terbaru dari produk sebelumnya dan meningkatkan
3% pengembalian investasi dalam 3 tahun.
3.
Tujuan jangka panjang
Meningkatkan pangsa pasar yaitu golongan umum menengah-atas hingga atas
sekitar 10% selama 8 tahun berikutnya dan mengeluarkan produk dengan inovasi
baru sesuai perkembangan teknologi.
1.3
Pernyataan Misi
Misi kami yaitu menciptakan produk yang berkualitas
tinggi dan mengikuti tren teknologi dari segi spesifikasi hingga desain
tampilan produk.
1.4
Sekilas Perusahaan
PT. Ocean Mobile adalah perusahaan yang bergerak
dibidang barang elektronik. Pt. Kami menjual ponsel pintar dengan fitur-fitur
berkualitas tinggi dan desain yang fleksibel sesuai dengan perkembangan zaman.
Kami menyalurkan produk kami melalui beberapa agen distributor terpercaya yang
melayani pengecer besar untuk kemudian dipasarkan kepada konsumen yang melek
teknologi dan mengikuti perkembangan zaman, dengan golongan menengah-atas
hingga atas.
1.5
Kepemilikan Perusahaan
PT. Ocean Mobile memiliki badan usaha berbadan
hukum yakni Perseroan Terbatas (PT) yang memiliki permodalan dan karakterisik
yang khas dan berbeda dari koperasi, yayasan, serta badan usaha yang bukan
badan hukum lainnya. Perusahaan ini didirikan oleh lima orang dengan delapan
pemegang saham utama.
1.6
Sejarah Perusahaan
PT. Ocean Mobile didirikan
pada 23 Desember 2018 oleh Ayi,
Dea, Fathiyah, Rahma dan Anggi. Perusahaan ini berdiri atas kerja sama kami
yang memiliki hobi dan kegemaran serta pemahaman dalam bidang teknologi
khususnya pada perangkat seluler. Keinginan kami untuk menciptakan inovasi baru
sesuai perkembangan teknologi yang semakin cepat memotivasi kami untuk
mendirikan perusahaan ini. Sejak awal
OceanMobile sendiri dikhususkan untuk memproduksi ponsel pintar yang memiliki fitur-fitur berkualitas
tinggi dan desain yang fleksibel sesuai dengan perkembangan zaman. Perusahaan
ini berlokasi di Depok tepatnya di Jalan Margonda Raya No. 13.
1.7
Lokasi dan Fasilitas Perusahaan
PT. Ocean Mobile berlokasi di Jl Jalan Raya Margonda No. 13 dengan luas
bangunan ± 400 m2. Fasilitas bangunan berupa WiFi, ruang kerja, ruang rapat, ruang tunggu klien, ruang santai
dan mushola. Status
kepemilikan gedung yaitu sewa/kontrak pertahun.
2. PRODUK/JASA
2.1
Deskripsi Barang
dan Jasa
PT. Ocean Mobile mempunyai tiga divisi yaitu divisi produksi, divisi penjualan dan divisi pelayanan. Pada divisi produksi kami
memproduksi dua seri produk, yaitu seri Sea dan Ocean. Keduanya memiliki pangsa pasar masing-masing.
Seri Sea merupakan produk ponsel pintar yang dikeluarkan khusus untuk golongan
masyarakat umum menengah, sedangkan seri Ocean dikhususkan untuk kalangan
keatas. Pada divisi penjualan kami menjual dan mendistribusikan kedua
seri produk tersebut, dan pada divisi
pelayanan kami menyediakan layanan yang dikhususkan untuk pemeliharaan dan
perbaikan dari kedua seri produk tersebut.
2.2
Karakteristik dan Perbandingan Kompetitif Barang/Jasa
Karakteristik yang dilaksanakan PT.
Ocean Mobile adalah yang memiliki karakteristik telepon
genggam pintar dan masa kini. Karakteristik ini dilaksanakan dengan pemberian
fitur-fitur berkualitas tinggi dan penggunaan prosesor yang memiliki kinerja
tinggi yang dapat mempermudah pekerjaan dan memberikan kenyaman bagi
penggunanya. Dengan bentuk fisik menggunakan bahan baku pilihan bagi konsumen
akan memberikan kenyamanan pada pengguna dalam melakukan segala kegiatan. Harga
yang ditawarkanpun sesuai dengan kualitas yang diberikan sehingga memiliki
fokus ke kalangan menengah atas agar dapat memuaskan pengguna dalam menggunakan
fitur canggih yang terdapat pada telepon genggam pintar. PT. Ocean Mobile
memiliki strategi pemasaran yang berbeda dan lebih unggul dalam menarik
konsumen dibandingkan perusahaan kompetitif dimana dalam barang yang ditawarkan
sangat menonjolkan konsep telepon gengaam pintar dan masa kini.
2.3
Layanan Konsumen/Tindak Lanjut Layanan
Dalam menawarkan pelayanan yang
terbaik kepada pelanggan terhadap barang telekomunikasi seperti smartphone, PT. Ocean Mobile
memberikan kenyamanan dalam berbelanja melalui website resmi perusahaan ataupun
gerai resmi yang sudah menyediakan barang termasuk dengan jaminan garansi dua
tahun pemakaian dan jaminan garansi pengiriman barang jika membeli melalui
website resmi.
3. ANALISIS
PASAR
3.1
Analisis Industri
Data Penjualan
Financial Position
3.2 Pasar Sasaran
Gartner merilis data penjulan perangkat bergerak dan smartphone pada tahun
2010 untuk lingkup seluruh dunia. Menurut data tersebut Nokia masih merajai
penjualan handphone di dunia dan juga Nokia Symbian masih merajai pasar
platform smartphone.
3.3 Kunci untuk Sukses
1.
Kualitas Bersaing Layar
Memiliki panel IPS yang mendukung resolusi 720 x 1520
piksel. Layar ini memiliki aspect ratio 19:9 dan dilindungi oleh teknologi
Gorilla Glass dariCorning.
2.
Kualitas Bersaing Gaming
Memiliki fitur Game Space untuk memaksimalkan kinerja
game yang berjalan di ponsel tersebut.
3.
Kualitas Bersaing Camera
Dibekali dengan dua kamera belakang
dan satu kamera depan. Kamera belakang masing-masing memiliki sensor 20 MP dan
5 MP (depth sensor) sementara kamera depan masing memiliki resolusi 8
megapiksel yang mendukung AI Beautification 3.0.
4.
Kualitas Bersaing Baterai
Kualitas baterai sendiri diklain
kuat bertahan hingga 20 jam pemakaian normal dan 15 jam untuk menonton video
secara offline. Ponsel ini mendukung fast charging 5V2A yang bisa diisi penuh,
dari 0 hingga penuh selama 2,5-3 jam.
4. STRATEGI
BISNIS DAN IMPLEMENTASI
4.1
Analisa SWOT
1. Strength
Keunggulan yang dimiliki oleh produk PT. Ocean Mobile adalah desain yang fleksibel sesuai dengan
perkembangan zaman, bahan baku polikarbonat yang turut menjaga lingkungan,
fitur-fitur yang canggih mendukung dalam meningkatkan produktifitas pelanggan.
Hasil finishing smartphone yang sangat baik dipadu dengan sistem pelayanan
terbaik untuk setiap konsumen.
2. Weakness
Pengetahuan konsumen terhadap bahan baku fisik smartphone
polikarbonat dan peningkatan pengetahuan fitur canggih yang digunakan dalam
smartphone masih minim sehingga perlu adanya edukasi pasar terlebih dahulu dan
PT. Ocean Mobile merupakan pemain baru yang
berinovasi tinggi dalam industri teknologi komunikasi.
3. Opportunity
Pangsa pasar yang masih cukup luas, minimnya pesaing untuk
produsen dengan bahan baku polikarbonat sebagai produk bahan baku alternatif
bagi konsumen, penggunaan teknologi yang
canggih dan adanya anjuran pemerintah untuk inovasi produk telekomunikasi
dengan menggunakan bahan alternatif dan serta efisien dalam melakukan desain
produk.
4. Threat
Persaingan dalam pangsa pasar industri teknologi
komunikasi mewah dikuasai oleh produk produk impor. Hal ini menjadi ancaman
bagi produk baru bahan baku polikarbonat pada smartphone.
Strategi
Pemasaran Perusahaan dilakukan berdasarkan
analisa 7 P dengan alat analisis SWOT menurut Kottler yang terdiri atas:
·
Product
·
Price
·
Promotion
·
Placement
·
People
·
Process
·
Physical
Evidence
4.2
Periklanan
Untuk memperkenalkan dan memasarkan
produk smartphone dari PT.Ocean Mobile memiliki rencana mengiklankan bisnis melalui
Media cetak seperti brosur yang akan dibagikan dijalan dan diletakan di
toko-toko yang menjual smartphone, koran, dan majalah. Lalu membuat iklan pada
media stasiun televisi dan radio. Selain itu melalui media sosial media seperti
instagram, facebook, dan youtube ataupun melakukan sales promotin dan personal
selling.
4.3
Strategi Pemasaran
Strategi bisnis yang dilaksanakan PT. Ocean Mobile adalah
strategi diferensiasi dan fokus. Strategi diferensiasi dilaksanakan dengan
pemberian alternatif telekomunikasi bagi konsumen dengan bentuk fisik
menggunakan bahan baku pilihan bagi konsumen dengan bahan baku polikarbonat. Polikarbonat memiliki struktur yang hampir mirip
plastik, namun lebih tebal dibandingkan plastik sehingga tahan terhadap
benturan dan goresan. Smartphone yang menggunakan bahan ini akan tetap terasa
ringan namun memiliki ketahanan yang memadai sehingga sesuai dengan keinginan dan kebutuhan konsumen
dan tidak banyak diproduksi dan tidak umum. merupakan customized product
sehingga sesuai dengan keinginan dan kebutuhan konsumen dan tidak banyak
diproduksi dan tidak umum. Strategi fokus dilaksanakan dengan membidik niche
market yaitu target market dengan golongan menengah-atas hingga atas. Dengan
memilih target market ini diharapkan margin yang didapat cukup tinggi.
4.4
Rencana penjualan
Penjualan barang
akan dilakukan dengan melalui outlet-outlet resmi yang didirikan oleh perusahaan
atau melalui distributor-distributor yang bekerja sama dengan perusahaan.
Selain dengan kedua cara tersebut, penjualan juga akan dilakukan secara online
melalui website resmi perusahaan yaitu store.ocean.com. Setiap outlet resmi
milik perusahaan akan dijaga oleh satu tim tenaga penjualan. Penjualan yang
dilakukan pada outlet dan secara online dilakukan secara eceran. Untuk
distributor yang tertarik untuk menjual produk-produk perusahaan PT. Ocean Mobile dapat
menghubungi pihak perusahaan untuk membeli produk-produk perusahaan secara
grosir dengan harga grosir.
Setiap tenaga
penjualan yang bekerja pada perusahaan akan diberi pelatihan khusus oleh ahli
dalam bidang penjualan dan marketing yang dipekerjakan oleh perusahaan.
Pelatihan akan diberikan pada saat tenaga penjualan pertama kali dipekerjakan
oleh perusahaan. Pelatihan akan berlangsung sekali seminggu selama 10 kali
pertemuan. Setiap tenaga penjualan yang dipekerjakan perusahaan akan diberi gaji
pokok perbulan ditambah dengan bonus yang akan diberikan untuk setiap penjualan
yang berhasil dilakukan oleh tim.
4.5
Aliansi Strategis
PT. Ocean Mobile
bekerja sama dengan beberapa perusahaan teknologi ternama untuk menghadirkan
teknologi-teknologi mutakhir dalam produk-produk buatan PT. Ocean Mobile.
Perusahaan-perusahaan yang bekerja sama dengan PT. Ocean Mobile diantaranya
Google Inc., Huawei, dan PowerVR.
PT. Ocean Mobile
bekerja sama dengan google untuk menghadirkan teknologi sistem operasi Android
terbaru dan termutakhir beserta dengan perangkat-perangkat lunak buatan Google
seperti Google Maps, Google Drive, Google Mail, dan perangkat-perangkat lunak
buatan Google lainnya. Kerja sama Huawei dan PT. Ocean Mobile dilakukan untuk
menghadirkan teknologi telekomunikasi mutakhir 5G pada produk-produk buatan PT.
Ocean Mobile. Kerja sama dengan PowerVR menghadirkan kartu grafis mutakhir pada
produk-produk PT. Ocean Mobile untuk menyediakan perangkat dengan kemampuan
grafis yang tinggi.
PT. Ocean Mobile
juga bekerjasama dengan berbagai distributor di berbagai belahan dunia untuk
membantu memsarkan dan menghadirkan produk-produk buatan PT. Ocean Mobile
kepada seluruh masyarakat global.
Kerjasama dengan
perusahaan-perusahaan teknologi tersebut akan meningkatkan kualitas
produk-produk yang dibuat dan juga meningkatkan kuantitas produk-produk yang
terjual dipasaran. Kerjasama dengan distributor-distributor dari berbagai
negara meningkatkan luasnya pasar yang dikuasai oleh PT. Ocean Mobile dalam
dunia persaingan global.
5. ORGANISASI
PT. Ocean Mobile
didirikan oleh 5 orang pendiri dan memiliki lebih dari 700 karyawan yang
tersebar di seluruh Indonesia. PT. Ocean Mobile dipimpin oleh seorang Chief
Executive Officer yang dipilih dan diawasi oleh Board of Directors.
Board of Directors terdiri dari lima orang yang merupakan pendiri dari PT.
Ocean Mobile. PT. Ocean Mobile terdiri dari 5 departemen yang berada dibawah
CEO yaitu Production Department, Investment Department, Sales and Marketing
Department, Technical Department, dan Human Resource Department. PT.Ocean
Mobile memiliki 2 department yang langsung berada dibawah Board of Directors
yaitu Finance dan Legal Department.
5.1
Struktur Organisasi
5.2 Tim Manajemen
1.
Vera Yulia Gunardi
Posisi : Chief
Executive Officer
Latar Belakang:
Vera Yulia
Gunardi adalah seorang lulusan master of computational science and
engineering dari Harvard. Merupakan seseorang yang sangat kreatif dan
antusias mengenai perkembangan teknologi di Indonesia. Memiliki pengalaman
menjadi Head of Research and Development Department di PT. Bukalapak dan
Chief Technology Officer di Grab Holdings Inc.. Sebagai CEO, Vera
memiliki tanggung jawab dan wewenang untuk mengarahkan dan melaksanakan semua
komponen bisnis dan manufaktur pada PT. Ocean Mobile.
2.
Andreas Frans
Posisi : Chief
of Production Department
Latar Belakang:
Merupakan
lulusan Ohio State University. Berpengalaman selama 10 tahun dalam industri
manufaktur. Andreas Frans merupakan Chief of Production Department di
PT. Ocean Mobile dan bertanggungjawab atas perencanaan produksi, teknikal
desain dari produk, produksi produk, dan pengawasan proses produksi barang di
PT. Ocean Mobile.
3.
Joko Winanto
Posisi : Chief
of Research and Development Department
Latar Belakang:
Joko Winanto
bertanggung jawab atas riset untuk perkembangan produk dan fitur-fiturnya. Joko
Winanto merupakan lulusan Universitas Gunadarma pada tahun 1990. Joko Winanto
pernah menjabat sebagai Senior Development Manager dan Senior Software
Engineer di Microsoft Research Institute.
4.
Reina Agustina
Posisi : Chief
of Sales and Marketing Department
Latar Belakang:
Reina Agustina
adalah seorang technology marketing strategist, pembicara profesional,
dan penulis dari buku “Mengapa Social Media?” dan “Seni Persuasi”. Reina
Agustina pernah menjabat sebagai Vice President of Marketing di PT.
Elgerindo Multi Produk Industri.
5.
Kevin Wijaya
Posisi : Chief
of Technical Department
Latar Belakang:
Kevin Wijaya
menerima gelar master pada ilmu komputer dari Massachusetts Institute of
Technology (MIT) pada tahun 1997. Kevin Wijaya aktif pada komunitas-komunitas open
source dan merupakan pendiri dari komunitas open source terbesar di
Indonesia, IndoOpen.
6.
Jaya Kusuma
Posisi : Chief
of Human Resource Department
Latar Belakang:
Jaya Kusuma
merupakan seorang inovator dalam perkembangan diri. Jaya Kusuma mendapatkan
gelar Master of Business Administration dari Yale Univeristy. Jaya
Kusuma pernah bekerja sebagai CHRO di Humana dan selama masa jabatannya
berhasil membuat transformasi kultural, desain organisasi, team building,
pencarian talenta, dan meningkatkan performa karyawan di Humana.
5.3 Pertimbangan Tim Manajemen Lainnya
Saham PT. Ocean
Mobile dipegang oleh delapan individual / organisasi. Kedelapan pemegang utama
saham tersebut adalah:
1.
Dea Chintia Putri
2.
Fathiyah Hilyah
3.
Ayi Imani
4.
Siti Anggraini
5.
Rahmaditha Prabandari
6.
Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk.
7.
Astra Internasional Tbk.
8.
Lippo Group
Para pemegang
saham utama memiliki kewenangan untuk menunjuk orang-orang yang akan menjadi
anggota Board of Directors. Board of Directors memiliki
kewenangan untuk menunjuk CEO perusahaan dan memastikan perusahaan berjalan
dengan lancar dibawah pimpinan CEO yang telah ditunjuk. Selain itu Board of
Directors memutuskan dan mnyetujui rencana dan pencairan anggaran
perusahaan. Board of Directors memiliki masa jabatan selama 3 tahun.
Setelah 3 tahun, anggota baru akan dipilih oleh pemegang saham utama.
6. ANALISIS
KEUANGAN
6.1
Perencanaan Laba
Rugi
6.2 Laporan arus Kas
Perusahaan
Peningkatan laba bersih per tahun
sebesar 5 %.
6.3 Modal Startup
6.4 Return of
Investment (ROI)
Penghitungan ROI = (Laba bersih dari pendapatan-investasi
awal) / investasi awal
Penghitungan ROI =
(310.000.000-221.000.000)/ 221.000.000
Penghitungan ROI = 0.40 x 100 = 40%
6.5 Laporan Keuangan
Dengan total investasi Rp.
310.000.000, dalam 3 tahun pertama dapat disimulasikan proyeksi keuangan
perusahaan OceanMobile dari penjualan smartphone Seri Sea dan Seri Ocean yaitu:
Dengan parameter keenomoniaan ROI
sebesar 40 %, Nilai Internal Rate of Return sebesar 19 %, dan payback period
sebesar 1 tahun 3 bulan.
Ponsel pintar seri Sea kami
diharapakan dapat bersaing di pasar dan mengalami kenaikan jumlah produksi
untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Terutama penambahan produksi smartphone
seri sea untuk masyarakat kelas menengah
Komentar
Posting Komentar