Langsung ke konten utama

Contoh Proposal Rencana Bisnis PT.OceanMobile

PROPOSAL RENCANA BISNIS
PT. OCEAN MOBILE

Disusun Oleh:
Ayi Imani (51416229)
Dea Chintia Putri (51416740)
Fathiyah Hilyah Amany (52416690)
Rahmaditha Prabandari (55416990)
Siti Anggraini Alfatihah (57416081)

Jalan Margonda Raya, No. 13, Depok, Jawa Barat
oceanmobile@gmail.com
(021)-428-915
store.ocean.com





 







DAFTAR HALAMAN.....................................................................................................................
1.    PERUSAHAAN.........................................................................................................................
RINGKASAN EKSEKUTIF......................................................................................................
TUJUAN.....................................................................................................................................
PERNYATAAN MISI................................................................................................................
PERUSAHAAN.........................................................................................................................
KEPEMILIKAN PERUSAHAAN.............................................................................................
SEJARAH PERUSAHAAN.....................................................................................................
LOKASI DAN FASILITAS PERUSAHAAN..........................................................................
2.    PRODUK/JASA........................................................................................................................
DESKRIPSI BARANG DAN JASA........................................................................................
KARAKTERISTIK PERBANDINGAN KOMPETITIF BARANG/JASA..............................
LAYANAN KONSUMEN/TINDAK LANJUT LAYANAN.....................................................
3.    ANALISIS PASAR....................................................................................................................
ANALISIS INDUSTRI...............................................................................................................
PASAR SASARAN..................................................................................................................
KUNCI UNTUK SUKSES........................................................................................................
4.    STRATEGI BISNIS DAN IMPLEMENTASI.........................................................................
ANALISIS SWOT......................................................................................................................
PERIKLANAN...........................................................................................................................
STRATEGI PEMASARAN.......................................................................................................
RENCANA PENJUALAN........................................................................................................
ALIANSI STRATEGI.................................................................................................................
5.    ORGANISASI............................................................................................................................
STRUKTUR ORGANISASI.....................................................................................................
TIM MANAGEMEN...................................................................................................................
PERTIMBANGAN TIM MANAGEMEN LAINNYA...............................................................
6.    ANALISIS KEUANGAN..........................................................................................................
PERENCANAAN LABA RUGI...............................................................................................
LAPORAN ARUS KAS PERUSAHAAN..............................................................................
MODAL STARTUP...................................................................................................................
RETURN OF INVESTMENT...................................................................................................
LAPORAN KEUANGAN..........................................................................................................
ESTIMASI BIAYA......................................................................................................................


1.       PERUSAHAAN


1.1        Ringkasan Eksekutif

 

PT. Ocean Mobile adalah sebuah perusahaan yang bergerak di bidang produksi barang elektronik berupa telepon genggam yang mempunyai kemampuan dengan pengunaan dan fungsi yang menyerupai komputer atau biasa disebut dengan Ponsel Pintar. Kami mengeluarkan ponsel pintar yang dibuat untuk menyegarkan pasar ponsel dengan fitur-fitur berkualitas tinggi dan desain yang fleksibel sesuai dengan perkembangan zaman.

 

Dengan menggunakan teknologi canggih, kami dapat memastikan produk yang dihasilkan berkualitas tinggi, harga yang bersaing, serta mutu yang terjamin. Target pemasaran dari produk kami adalah pengguna yang melek teknologi dan mengikuti perkembangan zaman, dengan golongan menengah-atas hingga atas.


1.2        Tujuan

 

Dalam menjalani usaha ini, kami mempunyai tujuan yang terencana dengan baik, yaitu tujuan jangka pendek, jangka menengah, dan jangka panjang.

 

1.   Tujuan jangka pendek
Meningkatkan penjualan sekitar 2%, memotong biaya sampai 1% pada kuartal berikutnya, dan mengurangi tingkat keluar masuk karyawan sampai 4% selama 6 bulan berikutnya.

2.    Tujuan jangka menengah
Mengeluarkan produk versi terbaru dari produk sebelumnya dan meningkatkan 3% pengembalian investasi dalam 3 tahun.

3.    Tujuan jangka panjang
Meningkatkan pangsa pasar yaitu golongan umum menengah-atas hingga atas sekitar 10% selama 8 tahun berikutnya dan mengeluarkan produk dengan inovasi baru sesuai perkembangan teknologi.

1.3        Pernyataan Misi        


Misi kami yaitu menciptakan produk yang berkualitas tinggi dan mengikuti tren teknologi dari segi spesifikasi hingga desain tampilan produk.

1.4        Sekilas Perusahaan


PT. Ocean Mobile adalah perusahaan yang bergerak dibidang barang elektronik. Pt. Kami menjual ponsel pintar dengan fitur-fitur berkualitas tinggi dan desain yang fleksibel sesuai dengan perkembangan zaman. Kami menyalurkan produk kami melalui beberapa agen distributor terpercaya yang melayani pengecer besar untuk kemudian dipasarkan kepada konsumen yang melek teknologi dan mengikuti perkembangan zaman, dengan golongan menengah-atas hingga atas.

1.5        Kepemilikan Perusahaan 


PT. Ocean Mobile memiliki badan usaha berbadan hukum yakni Perseroan Terbatas (PT) yang memiliki permodalan dan karakterisik yang khas dan berbeda dari koperasi, yayasan, serta badan usaha yang bukan badan hukum lainnya. Perusahaan ini didirikan oleh lima orang dengan delapan pemegang saham utama.

1.6        Sejarah Perusahaan


PT. Ocean Mobile didirikan pada 23 Desember 2018 oleh Ayi, Dea, Fathiyah, Rahma dan Anggi. Perusahaan ini berdiri atas kerja sama kami yang memiliki hobi dan kegemaran serta pemahaman dalam bidang teknologi khususnya pada perangkat seluler. Keinginan kami untuk menciptakan inovasi baru sesuai perkembangan teknologi yang semakin cepat memotivasi kami untuk mendirikan perusahaan ini. Sejak awal OceanMobile sendiri dikhususkan untuk memproduksi ponsel pintar yang memiliki fitur-fitur berkualitas tinggi dan desain yang fleksibel sesuai dengan perkembangan zaman. Perusahaan ini berlokasi di Depok tepatnya di Jalan Margonda Raya No. 13.

1.7        Lokasi dan Fasilitas Perusahaan      


PT. Ocean Mobile berlokasi di Jl Jalan Raya Margonda No. 13 dengan luas bangunan ± 400 m2. Fasilitas bangunan berupa WiFi, ruang kerja, ruang rapat, ruang tunggu klien, ruang santai dan mushola. Status kepemilikan gedung yaitu sewa/kontrak pertahun.

2.       PRODUK/JASA


2.1        Deskripsi Barang dan Jasa


PT. Ocean Mobile mempunyai tiga divisi yaitu divisi produksi, divisi penjualan dan divisi pelayanan. Pada divisi produksi kami memproduksi dua seri produk, yaitu seri Sea dan Ocean. Keduanya memiliki pangsa pasar masing-masing. Seri Sea merupakan produk ponsel pintar yang dikeluarkan khusus untuk golongan masyarakat umum menengah, sedangkan seri Ocean dikhususkan untuk kalangan keatas. Pada divisi penjualan kami menjual dan mendistribusikan kedua seri produk tersebut, dan pada divisi pelayanan kami menyediakan layanan yang dikhususkan untuk pemeliharaan dan perbaikan dari kedua seri produk tersebut.

2.2        Karakteristik dan Perbandingan Kompetitif Barang/Jasa


Karakteristik yang dilaksanakan PT. Ocean Mobile adalah yang memiliki karakteristik telepon genggam pintar dan masa kini. Karakteristik ini dilaksanakan dengan pemberian fitur-fitur berkualitas tinggi dan penggunaan prosesor yang memiliki kinerja tinggi yang dapat mempermudah pekerjaan dan memberikan kenyaman bagi penggunanya. Dengan bentuk fisik menggunakan bahan baku pilihan bagi konsumen akan memberikan kenyamanan pada pengguna dalam melakukan segala kegiatan. Harga yang ditawarkanpun sesuai dengan kualitas yang diberikan sehingga memiliki fokus ke kalangan menengah atas agar dapat memuaskan pengguna dalam menggunakan fitur canggih yang terdapat pada telepon genggam pintar. PT. Ocean Mobile memiliki strategi pemasaran yang berbeda dan lebih unggul dalam menarik konsumen dibandingkan perusahaan kompetitif dimana dalam barang yang ditawarkan sangat menonjolkan konsep telepon gengaam pintar dan masa kini.

2.3        Layanan Konsumen/Tindak Lanjut Layanan


Dalam menawarkan pelayanan yang terbaik kepada pelanggan terhadap barang telekomunikasi seperti smartphone, PT. Ocean Mobile memberikan kenyamanan dalam berbelanja melalui website resmi perusahaan ataupun gerai resmi yang sudah menyediakan barang termasuk dengan jaminan garansi dua tahun pemakaian dan jaminan garansi pengiriman barang jika membeli melalui website resmi.

3.       ANALISIS PASAR


3.1        Analisis Industri


Data Penjualan

Financial Position




3.2        Pasar Sasaran


Gartner merilis data penjulan perangkat bergerak dan smartphone pada tahun 2010 untuk lingkup seluruh dunia. Menurut data tersebut Nokia masih merajai penjualan handphone di dunia dan juga Nokia Symbian masih merajai pasar platform smartphone. 




3.3        Kunci untuk Sukses


1.    Kualitas Bersaing Layar
Memiliki panel IPS yang mendukung resolusi 720 x 1520 piksel. Layar ini memiliki aspect ratio 19:9 dan dilindungi oleh teknologi Gorilla Glass dariCorning.

2.    Kualitas Bersaing Gaming
Memiliki fitur Game Space untuk memaksimalkan kinerja game yang berjalan di ponsel tersebut.

3.    Kualitas Bersaing Camera
Dibekali dengan dua kamera belakang dan satu kamera depan. Kamera belakang masing-masing memiliki sensor 20 MP dan 5 MP (depth sensor) sementara kamera depan masing memiliki resolusi 8 megapiksel yang mendukung AI Beautification 3.0.

4.    Kualitas Bersaing Baterai
Kualitas baterai sendiri diklain kuat bertahan hingga 20 jam pemakaian normal dan 15 jam untuk menonton video secara offline. Ponsel ini mendukung fast charging 5V2A yang bisa diisi penuh, dari 0 hingga penuh selama 2,5-3 jam.

4.       STRATEGI BISNIS DAN IMPLEMENTASI


4.1        Analisa SWOT


1.    Strength
Keunggulan yang dimiliki oleh produk PT. Ocean Mobile adalah desain yang fleksibel sesuai dengan perkembangan zaman, bahan baku polikarbonat yang turut menjaga lingkungan, fitur-fitur yang canggih mendukung dalam meningkatkan produktifitas pelanggan. Hasil finishing smartphone yang sangat baik dipadu dengan sistem pelayanan terbaik untuk setiap konsumen.

2.    Weakness
Pengetahuan konsumen terhadap bahan baku fisik smartphone polikarbonat dan peningkatan pengetahuan fitur canggih yang digunakan dalam smartphone masih minim sehingga perlu adanya edukasi pasar terlebih dahulu dan PT. Ocean Mobile merupakan pemain baru yang berinovasi tinggi dalam industri teknologi komunikasi.

3.    Opportunity
Pangsa pasar yang masih cukup luas, minimnya pesaing untuk produsen dengan bahan baku polikarbonat sebagai produk bahan baku alternatif bagi konsumen, penggunaan teknologi  yang canggih dan adanya anjuran pemerintah untuk inovasi produk telekomunikasi dengan menggunakan bahan alternatif dan serta efisien dalam melakukan desain produk.

4.    Threat
Persaingan dalam pangsa pasar industri teknologi komunikasi mewah dikuasai oleh produk produk impor. Hal ini menjadi ancaman bagi produk baru bahan baku polikarbonat pada smartphone.

Strategi Pemasaran Perusahaan dilakukan berdasarkan analisa 7 P dengan alat analisis SWOT menurut Kottler yang terdiri atas:
·         Product
·         Price
·         Promotion
·         Placement
·         People
·         Process
·         Physical Evidence

4.2        Periklanan


Untuk memperkenalkan dan memasarkan produk smartphone dari PT.Ocean Mobile  memiliki rencana mengiklankan bisnis melalui Media cetak seperti brosur yang akan dibagikan dijalan dan diletakan di toko-toko yang menjual smartphone, koran, dan majalah. Lalu membuat iklan pada media stasiun televisi dan radio. Selain itu melalui media sosial media seperti instagram, facebook, dan youtube ataupun melakukan sales promotin dan personal selling.

4.3        Strategi Pemasaran

 

Strategi bisnis yang dilaksanakan PT. Ocean Mobile adalah strategi diferensiasi dan fokus. Strategi diferensiasi dilaksanakan dengan pemberian alternatif telekomunikasi bagi konsumen dengan bentuk fisik menggunakan bahan baku pilihan bagi konsumen dengan bahan baku polikarbonat. Polikarbonat memiliki struktur yang hampir mirip plastik, namun lebih tebal dibandingkan plastik sehingga tahan terhadap benturan dan goresan. Smartphone yang menggunakan bahan ini akan tetap terasa ringan namun memiliki ketahanan yang memadai sehingga sesuai dengan keinginan dan kebutuhan konsumen dan tidak banyak diproduksi dan tidak umum. merupakan customized product sehingga sesuai dengan keinginan dan kebutuhan konsumen dan tidak banyak diproduksi dan tidak umum. Strategi fokus dilaksanakan dengan membidik niche market yaitu target market dengan golongan menengah-atas hingga atas. Dengan memilih target market ini diharapkan margin yang didapat cukup tinggi.


4.4        Rencana penjualan


Penjualan barang akan dilakukan dengan melalui outlet-outlet resmi yang didirikan oleh perusahaan atau melalui distributor-distributor yang bekerja sama dengan perusahaan. Selain dengan kedua cara tersebut, penjualan juga akan dilakukan secara online melalui website resmi perusahaan yaitu store.ocean.com. Setiap outlet resmi milik perusahaan akan dijaga oleh satu tim tenaga penjualan. Penjualan yang dilakukan pada outlet dan secara online dilakukan secara eceran. Untuk distributor yang tertarik untuk menjual produk-produk perusahaan PT. Ocean Mobile dapat menghubungi pihak perusahaan untuk membeli produk-produk perusahaan secara grosir dengan harga grosir.

Setiap tenaga penjualan yang bekerja pada perusahaan akan diberi pelatihan khusus oleh ahli dalam bidang penjualan dan marketing yang dipekerjakan oleh perusahaan. Pelatihan akan diberikan pada saat tenaga penjualan pertama kali dipekerjakan oleh perusahaan. Pelatihan akan berlangsung sekali seminggu selama 10 kali pertemuan. Setiap tenaga penjualan yang dipekerjakan perusahaan akan diberi gaji pokok perbulan ditambah dengan bonus yang akan diberikan untuk setiap penjualan yang berhasil dilakukan oleh tim.

4.5        Aliansi Strategis


PT. Ocean Mobile bekerja sama dengan beberapa perusahaan teknologi ternama untuk menghadirkan teknologi-teknologi mutakhir dalam produk-produk buatan PT. Ocean Mobile. Perusahaan-perusahaan yang bekerja sama dengan PT. Ocean Mobile diantaranya Google Inc., Huawei, dan PowerVR.

PT. Ocean Mobile bekerja sama dengan google untuk menghadirkan teknologi sistem operasi Android terbaru dan termutakhir beserta dengan perangkat-perangkat lunak buatan Google seperti Google Maps, Google Drive, Google Mail, dan perangkat-perangkat lunak buatan Google lainnya. Kerja sama Huawei dan PT. Ocean Mobile dilakukan untuk menghadirkan teknologi telekomunikasi mutakhir 5G pada produk-produk buatan PT. Ocean Mobile. Kerja sama dengan PowerVR menghadirkan kartu grafis mutakhir pada produk-produk PT. Ocean Mobile untuk menyediakan perangkat dengan kemampuan grafis yang tinggi.

PT. Ocean Mobile juga bekerjasama dengan berbagai distributor di berbagai belahan dunia untuk membantu memsarkan dan menghadirkan produk-produk buatan PT. Ocean Mobile kepada seluruh masyarakat global.

Kerjasama dengan perusahaan-perusahaan teknologi tersebut akan meningkatkan kualitas produk-produk yang dibuat dan juga meningkatkan kuantitas produk-produk yang terjual dipasaran. Kerjasama dengan distributor-distributor dari berbagai negara meningkatkan luasnya pasar yang dikuasai oleh PT. Ocean Mobile dalam dunia persaingan global.

5.       ORGANISASI


PT. Ocean Mobile didirikan oleh 5 orang pendiri dan memiliki lebih dari 700 karyawan yang tersebar di seluruh Indonesia. PT. Ocean Mobile dipimpin oleh seorang Chief Executive Officer yang dipilih dan diawasi oleh Board of Directors. Board of Directors terdiri dari lima orang yang merupakan pendiri dari PT. Ocean Mobile. PT. Ocean Mobile terdiri dari 5 departemen yang berada dibawah CEO yaitu Production Department, Investment Department, Sales and Marketing Department, Technical Department, dan Human Resource Department. PT.Ocean Mobile memiliki 2 department yang langsung berada dibawah Board of Directors yaitu Finance dan Legal Department.

5.1        Struktur Organisasi




5.2        Tim Manajemen

 

1.    Vera Yulia Gunardi
Posisi : Chief Executive Officer
Latar Belakang:
Vera Yulia Gunardi adalah seorang lulusan master of computational science and engineering dari Harvard. Merupakan seseorang yang sangat kreatif dan antusias mengenai perkembangan teknologi di Indonesia. Memiliki pengalaman menjadi Head of Research and Development Department di PT. Bukalapak dan Chief Technology Officer di Grab Holdings Inc.. Sebagai CEO, Vera memiliki tanggung jawab dan wewenang untuk mengarahkan dan melaksanakan semua komponen bisnis dan manufaktur pada PT. Ocean Mobile.

2.    Andreas Frans
Posisi : Chief of Production Department
Latar Belakang:
Merupakan lulusan Ohio State University. Berpengalaman selama 10 tahun dalam industri manufaktur. Andreas Frans merupakan Chief of Production Department di PT. Ocean Mobile dan bertanggungjawab atas perencanaan produksi, teknikal desain dari produk, produksi produk, dan pengawasan proses produksi barang di PT. Ocean Mobile.

3.    Joko Winanto
Posisi : Chief of Research and Development Department
Latar Belakang:
Joko Winanto bertanggung jawab atas riset untuk perkembangan produk dan fitur-fiturnya. Joko Winanto merupakan lulusan Universitas Gunadarma pada tahun 1990. Joko Winanto pernah menjabat sebagai Senior Development Manager dan Senior Software Engineer di Microsoft Research Institute.

4.    Reina Agustina
Posisi : Chief of Sales and Marketing Department
Latar Belakang:
Reina Agustina adalah seorang technology marketing strategist, pembicara profesional, dan penulis dari buku “Mengapa Social Media?” dan “Seni Persuasi”. Reina Agustina pernah menjabat sebagai Vice President of Marketing di PT. Elgerindo Multi Produk Industri.

5.    Kevin Wijaya
Posisi : Chief of Technical Department
Latar Belakang:
Kevin Wijaya menerima gelar master pada ilmu komputer dari Massachusetts Institute of Technology (MIT) pada tahun 1997. Kevin Wijaya aktif pada komunitas-komunitas open source dan merupakan pendiri dari komunitas open source terbesar di Indonesia, IndoOpen.

6.    Jaya Kusuma
Posisi : Chief of Human Resource Department
Latar Belakang:
Jaya Kusuma merupakan seorang inovator dalam perkembangan diri. Jaya Kusuma mendapatkan gelar Master of Business Administration dari Yale Univeristy. Jaya Kusuma pernah bekerja sebagai CHRO di Humana dan selama masa jabatannya berhasil membuat transformasi kultural, desain organisasi, team building, pencarian talenta, dan meningkatkan performa karyawan di Humana.

5.3        Pertimbangan Tim Manajemen Lainnya

 

Saham PT. Ocean Mobile dipegang oleh delapan individual / organisasi. Kedelapan pemegang utama saham tersebut adalah:
1.    Dea Chintia Putri
2.    Fathiyah Hilyah
3.    Ayi Imani
4.    Siti Anggraini
5.    Rahmaditha Prabandari
6.    Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk.
7.    Astra Internasional Tbk.
8.    Lippo Group

Para pemegang saham utama memiliki kewenangan untuk menunjuk orang-orang yang akan menjadi anggota Board of Directors. Board of Directors memiliki kewenangan untuk menunjuk CEO perusahaan dan memastikan perusahaan berjalan dengan lancar dibawah pimpinan CEO yang telah ditunjuk. Selain itu Board of Directors memutuskan dan mnyetujui rencana dan pencairan anggaran perusahaan. Board of Directors memiliki masa jabatan selama 3 tahun. Setelah 3 tahun, anggota baru akan dipilih oleh pemegang saham utama.


6.       ANALISIS KEUANGAN


6.1        Perencanaan Laba Rugi


6.2        Laporan arus Kas Perusahaan

Peningkatan laba bersih per tahun sebesar 5 %.

6.3        Modal Startup

6.4        Return of Investment (ROI)

Penghitungan ROI = (Laba bersih dari pendapatan-investasi awal) / investasi awal
Penghitungan ROI = (310.000.000-221.000.000)/ 221.000.000
Penghitungan ROI = 0.40 x 100 = 40%

6.5        Laporan Keuangan

Dengan total investasi Rp. 310.000.000, dalam 3 tahun pertama dapat disimulasikan proyeksi keuangan perusahaan OceanMobile dari penjualan smartphone Seri Sea dan Seri Ocean yaitu:



 Dengan parameter keenomoniaan ROI sebesar 40 %, Nilai Internal Rate of Return sebesar 19 %, dan payback period sebesar 1 tahun 3 bulan.
Ponsel pintar seri Sea kami diharapakan dapat bersaing di pasar dan mengalami kenaikan jumlah produksi untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Terutama penambahan produksi smartphone seri sea untuk masyarakat kelas menengah

6.6        Estimasi Biaya






Komentar

Postingan populer dari blog ini

ADAT ISTIADAT KEBUDAYAAN SUKU DAYAK KALIMANTAN TENGAH

  ADAT ISTIADAT KEBUDAYAAN  SUKU DAYAK KALIMANTAN TENGAH            Suku Dayak ( Dajak atau Dyak) adalah nama yang oleh penduduk pesisir pulau Borneo diberi kepada penghuni pedalaman yang mendiami Pulau Kalimantan (Brunei, Malaysia yang terdiri dari Sabah dan Sarawak, serta Indonesia yang terdiri dari Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, Kalimantan Tengah, dan Kalimantan Selatan). Ada 5 suku atau 7 suku asli Kalimantan yaitu Melayu, Dayak, Banjar, Kutai, Paser, Berau dan Tidung. Suku bangsa yang terdapat di Kalimantan Indonesia dikelompokan menjadi tiga yaitu suku Banjar, suku Dayak Indonesia (268 suku bangsa) dan suku asal Kalimantan lainnya (non Dayak dan non Banjar). Istilah "Dayak" paling umum digunakan untuk menyebut orang-orang asli non-Muslim, non-Melayu yang tinggal di pulau itu. Ini terutama berlaku di Malaysia, karena di Indonesia ada suku-suku Dayak yang Muslim namun tetap termasuk kategori Dayak walaupun beberapa di antaranya disebut dengan Suku Ba

TOKOH WAYANG "SRIKANDI"

SRIKANDI   https://wayangku.files.wordpress.com/2008/08/wy-dewi-srikandi.jpg?w=219&h=300 Srikandi   ( Dewanagari :  शिकण्ढी ;  IAST :  Śikhaṇḍī )  adalah salah satu putri Raja  Drupada  dengan Dewi Gandawati dari  Kerajaan Panchala  yang muncul dalam kisah  wiracarita  dari  India , yaitu  Mahabharata . Ia merupakan penitisan Putri  Amba  yang tewas karena panah  Bisma . Dalam kitab  Mahabharata  diceritakan bahwa ia lahir sebagai seorang wanita, namun karena sabda dewata, ia diasuh sebagai seorang pria, atau kadangkala berjenis kelamin netral (waria). Dalam versi  pewayangan   Jawa  terjadi hal yang hampir sama, namun dalam pewayangan Jawa dikisahkan bahwa ia menikahi  Arjuna  dan ini merupakan perbedaan yang sangat jauh jika dibandingkan dengan kisah  Mahabharata  versi  India . Dewi Wara Srikandi ialah putri Prabu Drupada di Cempalareja. Waktu remaja putri ia berguru memanah pada Raden Arjuna. Kemudian ia diambil istri oleh Arjuna. Asal mula Srikandi berguru

TEXTURE

TEXTURE  A.             Sejarah Texture Modelling                Pemetaan Tekstur – Menurut Alan Watt (Komputer Grafis 3D, bagian 7.3), “Pemetaan Tekstur adalah salah satu perkembangan pertama menuju membuat gambar tiga dimensi benda yang lebih menarik dan ternyata lebih kompleks.” Konsep Texture mapping Texturing merupakan proses mewarnai, memberi tekstur, atau memberi efek material pada sebuah model 3D.  Texture mapping  adalah teknik  shading  untuk pengolahan gambar yang memetakan sebuah fungsi pada permukaan tiga dimensi dalam  scene.  Fungsi yang dipetakan mencakup satu dimensi, dua dimensi, dan tiga dimensi dan dapat digambarkan sebagai  array  atau fungsi matematika atau gambar. 1.       Bump mapping   untuk memperjelas karakteristik permukaan yang bergelombang. Bump mapping merupakan suatu proses dimana tekstur (texture), atau texture map diaplikasikan pada suatu permukaan dalam sebuah program grafis komputer tiga dimensi (3D) untuk membuat detail yang le