Langsung ke konten utama

Pengalaman Kerja Kelompok Softskill Membuat Game

    Selamat datang di blog saya, kali ini saya akan membuat penulisan tentang pengalaman dalam membuat game salah satu mata kuliah softskill di Universitas Gunadarma yaitu Pengenalan Teknologi Internet dan New Media. 

     Hari itu saya masuk kuliah dengan mata kuliah softskill, karena mata kuliah softskill hanya satu kali pertemuan dalam sebulan sehingga mahasiswa diberikan tugas untuk dipresentasikan didepan kelas pada pertemuan bulan depan. saat dosen masuk ke kelas beliau memberikan tugas tentang pembuatan game yang diperuntukan anak dibawah kelas 3 SD akan tetapi pembuatan game ini bisa hanya sampai Prototype dan akan lebih baik jika bisa sampai game yang bisa di mainkan. kemudian dosen membagikan kelompok untuk masing-masing mahasiswa, terbentuklah enam kelompok yang terdiri 7 orang dalam satu kelompok.

   Saya pun masuk ke kelompok 4 yang terdiri dari 6 teman saya yaitu Farisha, Izzuddin, Wayan, Dheo, Aristo, dan Faiq. karena dalam pembuatan game ini membutuhkan kerja tim, saya pun mendapatkan bagian tugas yang harus saya kerjakan yaitu desain game. Maka dari itu, dalam mendesain tampilan game menjadi menarik saya menggunakan aplikasi Just In Mind agar memudahkan dalam pembuatan desain. kenapa saya memilih Just In Mind? karena pada aplikasi ini sangat mudah digunakan bagi desain pemula seperti saya, sudah disediakan platform-platform yang ingin digunakan seperti Android, WEB, dan lain-lain. Kemudian dari tools yang ada pada aplikasi ini juga sudah sangat lengkap dan memudahkan pengguna dalam desain.

  Game yang dibuat dalam kelompok kami ini berbasis WEB dan menggunakan bahasa pemrograman HTML, JAVASCRIPT, dan CSS. game ini bertujuan untuk membantu proses pengembangan belajar anak-anak agar memiliki ilmu pengetahuan umum yang luas mengenai Indonesia yang disajikan dengan metode game agar anak-anak tertarik untuk mempelajarinya. konsep pertama game ini terbagi menjadi dua mode yaitu single player dan multi player, pada single player si anak akan disuruh menebak gambar yang disediakan dan memasukan jawaban pada keyboard yang telah disediakan sedangkan multi player jika si anak akan bermain bersama orang tua nya sehingga orang tua memasukan soal yang ingin dijawab oleh anak tersebut dan si anak akan menjawab nya seperti pada single player. Ada juga jika salah dalam menjawab akan berkurang nyawa yang telah disediakan dan jika menang akan menambah skor pada game tersebut.

    Akan tetapi dalam pembuatan game ini banyak terjadi konflik antar kelompok saya mulai dari kesalahpahaman konsep game dari segi judul dan fitur-fitur apa saja yang disediakan dalam game sehingga pada saat saya sudah menyelesaikan konsep desain game yang saya buat, ternyata salah satu dari teman saya tidak ada konfirmasi yang jelas dan tiba-tiba game sudah jadi dia buat dan berbeda dari konsep yang saya desain. 

      pada akhirnya konsep nya pun sedikit berubah dari konsep yang saya buat yaitu pada konsep game ini juga terbagi menjadi dua mode yaitu single player dan multi player. pada single player disediakan gambar dan si anak akan menjawab gambar tersebut dan pada multi player jika ingin bermain bersama orang tua nya, orang tua akan memasukan gambar yang ingin dijawab oleh si anak. setelah itu jika si anak salah dalam menjawab konsep yang diambil seperti konsep game hangman jika menjawab salah akan ada orang yang tergantung. konsep ini juga di tambah timer dan skor dalam proses permainannya.

   Karena kesalahpahaman tersebut akhirnya saya mengalah dan kelompok saya menggunakan buatan miliknya. saya pun mengambil sisi positif dari kejadian ini yaitu walaupun desain yang telah saya buat tidak digunakan, saya dapat belajar desain dan menggunakan aplikasi just In Mind.

 Berikut beberapa foto desain yang saya buat :
















Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

ADAT ISTIADAT KEBUDAYAAN SUKU DAYAK KALIMANTAN TENGAH

  ADAT ISTIADAT KEBUDAYAAN  SUKU DAYAK KALIMANTAN TENGAH            Suku Dayak ( Dajak atau Dyak) adalah nama yang oleh penduduk pesisir pulau Borneo diberi kepada penghuni pedalaman yang mendiami Pulau Kalimantan (Brunei, Malaysia yang terdiri dari Sabah dan Sarawak, serta Indonesia yang terdiri dari Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, Kalimantan Tengah, dan Kalimantan Selatan). Ada 5 suku atau 7 suku asli Kalimantan yaitu Melayu, Dayak, Banjar, Kutai, Paser, Berau dan Tidung. Suku bangsa yang terdapat di Kalimantan Indonesia dikelompokan menjadi tiga yaitu suku Banjar, suku Dayak Indonesia (268 suku bangsa) dan suku asal Kalimantan lainnya (non Dayak dan non Banjar). Istilah "Dayak" paling umum digunakan untuk menyebut orang-orang asli non-Muslim, non-Melayu yang tinggal di pulau itu. Ini terutama berlaku di Malaysia, karena di Indonesia ada suku-suku Dayak yang Muslim namun tetap termasuk kategori Dayak walaupun beberapa di antaranya disebut dengan Suku Ba

TOKOH WAYANG "SRIKANDI"

SRIKANDI   https://wayangku.files.wordpress.com/2008/08/wy-dewi-srikandi.jpg?w=219&h=300 Srikandi   ( Dewanagari :  शिकण्ढी ;  IAST :  Śikhaṇḍī )  adalah salah satu putri Raja  Drupada  dengan Dewi Gandawati dari  Kerajaan Panchala  yang muncul dalam kisah  wiracarita  dari  India , yaitu  Mahabharata . Ia merupakan penitisan Putri  Amba  yang tewas karena panah  Bisma . Dalam kitab  Mahabharata  diceritakan bahwa ia lahir sebagai seorang wanita, namun karena sabda dewata, ia diasuh sebagai seorang pria, atau kadangkala berjenis kelamin netral (waria). Dalam versi  pewayangan   Jawa  terjadi hal yang hampir sama, namun dalam pewayangan Jawa dikisahkan bahwa ia menikahi  Arjuna  dan ini merupakan perbedaan yang sangat jauh jika dibandingkan dengan kisah  Mahabharata  versi  India . Dewi Wara Srikandi ialah putri Prabu Drupada di Cempalareja. Waktu remaja putri ia berguru memanah pada Raden Arjuna. Kemudian ia diambil istri oleh Arjuna. Asal mula Srikandi berguru

TEXTURE

TEXTURE  A.             Sejarah Texture Modelling                Pemetaan Tekstur – Menurut Alan Watt (Komputer Grafis 3D, bagian 7.3), “Pemetaan Tekstur adalah salah satu perkembangan pertama menuju membuat gambar tiga dimensi benda yang lebih menarik dan ternyata lebih kompleks.” Konsep Texture mapping Texturing merupakan proses mewarnai, memberi tekstur, atau memberi efek material pada sebuah model 3D.  Texture mapping  adalah teknik  shading  untuk pengolahan gambar yang memetakan sebuah fungsi pada permukaan tiga dimensi dalam  scene.  Fungsi yang dipetakan mencakup satu dimensi, dua dimensi, dan tiga dimensi dan dapat digambarkan sebagai  array  atau fungsi matematika atau gambar. 1.       Bump mapping   untuk memperjelas karakteristik permukaan yang bergelombang. Bump mapping merupakan suatu proses dimana tekstur (texture), atau texture map diaplikasikan pada suatu permukaan dalam sebuah program grafis komputer tiga dimensi (3D) untuk membuat detail yang le